Jumat, 06 Februari 2009

Kebakaran Hutan Akibat Puntung Rokok

Palembang - Kebakaran hutan yang banyak terjadi di Sumsel sebagaian besar disebabkan puntung rokok yang dibuang sembarangan. Menurut Gubernur Sumsel, Syahrial Oesman, imbauan sudah disampaikan agar warga tidak sembarangan membuang puntung rokok. ”Kenyataannya banyak titik api ditemukan tidak jauh dari jalan, seperti antara Palembang-Indralaya. Bahkan, terdata sampai lebih dari 300 titik api terpantau satelit,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (4/10) sore.
Tebalnya asap di Jalintim sekitar pukul 05.00 WIB hingga pagi hari mencapai 10 meter. Kalau saat kebakaran, asap tebal bahkan sering membuat lalu lintas terganggu. Selain itu, ada beberapa daerah yang juga tadinya tidak ditemukan titik api, kini ditemukan titik api. Titik api tersebut berasal dari pembakaran lahan pertanian warga.
Pembakaran lahan dengan luasan tertentu memang diperbolehkan asal ada izin sehingga luasan pembakaran lahan tidak menyumbang asap dan bisa diatur sedemikian rupa. ”Sampai saat ini tidak sampai mengganggu transportasi udara maupun perairan,” tambah Gubernur.
Kepala Dinas Kehutanan Sumsel Dodi Supriyadi menyatakan titik api belum ditemukan di kawasan lahan gambut sehingga asap belum begitu mengganggu. Hanya bersifat lokal. Menurutnya dua helikopter standby kalau diperlukan pemadaman titik api yang sulit terjangkau.
Pemantauan SH, kebakaran lahan di beberapa titik yang sulit terjangkau umumnya tidak dilakukan pemadaman. Api tersebut padam dengan sendirinya. Kecuali kalau sudah mendekati rumah atau lahan warga, baru dilakukan pemadaman. Itu pun dengan peralatan seadanya. Hingga Kamis, titik api tercatat berkurang. Jumlahnya memang fluktuatif. (muhammad nasir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Flatronze © 2008. Template By: SkinCorner